Menjual Bisnis Dengan Mudah

Beberapa orang hanya pernah terlibat dalam penjualan bisnis satu kali, biasanya ketika mereka ingin pensiun. Orang lain akan menemukan diri mereka memiliki bisnis untuk dijual beberapa kali selama karir mereka ketika mereka pindah dari satu proyek ke proyek berikutnya dan sepasang artikel ini melihat apa yang terlibat dalam mewujudkan nilai bisnis.

Jadi, Apa Kesulitan Menjual Bisnis?

Namun penting untuk disadari bahwa ada cara mendasar di mana penjualan bisnis Anda akan berbeda dari proses penjualan mobil Anda yang diuraikan dalam Bagian 1.

Ketika Anda menjual mobil Anda, Anda tidak mengharapkan:

– Untuk khawatir tentang memberikan informasi kepada calon pembeli tentang mobil.

– Untuk khawatir tentang iklan bahwa mobil itu dijual.

– Diminta meminjamkan Meningkatkan Modal Usaha uang kepada pembeli untuk membeli mobil.

– Harga akhir menjadi tidak pasti sampai Anda tahu persis berapa banyak bensin di dalam tangki.

– Diharapkan harus memberikan konfirmasi tertulis bahwa mobil belum mogok dalam dua tahun terakhir.

– Harus diminta untuk memberikan pelajaran mengemudi kepada pembeli Anda.

– Untuk berjanji pada pemilik baru bahwa Anda tidak akan membeli mobil baru.

– Harga akhir tergantung pada seberapa baik mobil terus berjalan selama dua tahun ke depan.

– Untuk mempertimbangkan implikasi pajak dari penjualan.

– Membutuhkan izin orang lain untuk menjual (dengan asumsi Anda telah melunasi pembelian sewa).

Tetapi ketika Anda menjual bisnis Anda, Anda mungkin menemukan:

– Anda harus berhati-hati tentang berapa banyak informasi yang Anda berikan selama proses seperti misalnya, Anda tidak ingin pesaing utama Anda mengambil daftar pelanggan utama Anda secara gratis.

– Anda ingin menjaga fakta bahwa bisnis ini dijual rahasia dari pemasok, staf, atau pelanggan sampai kesepakatan selesai.

– Anda harus memungkinkan pembeli kredit untuk memungkinkan mereka membayar Anda sebagian dari waktu ke waktu dari keuntungan dari apa yang bisnis Anda (dikenal sebagai ‘pembiayaan vendor’ atau pertimbangan yang ditangguhkan).

– Harga akhir harus termasuk stok saat penilaian (‘SAV’) pada tanggal penjualan.

– Anda diminta untuk mengkonfirmasi beberapa fakta tentang bisnis Anda secara tertulis (‘berikan jaminan’).

– Anda harus setuju untuk bertahan selama beberapa minggu hingga beberapa tahun untuk membantu melatih pembeli dalam menjalankan bisnis Anda atau untuk memperlancar pengenalan pembeli kepada pelanggan Anda.

– Anda diminta menandatangani Peluang bisnis modal kecil perjanjian untuk tidak memulai bisnis lagi dengan cara apa pun yang akan bersaing dengan bisnis yang baru saja Anda jual.

– Harga yang disepakati termasuk klausa yang mengatur total yang dibayar (‘eskalator’) atau turun (‘clawbacks’) berdasarkan kinerja masa depan.

– Perencanaan pajak mungkin penting untuk memastikan Anda mendapatkan hasil bersih terbaik dari penjualan Anda.

– Anda mungkin memerlukan perjanjian untuk penjualan dan pengalihan aset atau kontrak dari pemilik, pemilik waralaba, atau bahkan pemasok atau pelanggan Anda dengan kontrak jangka panjang yang mencakup klausul yang mencakup perubahan kepemilikan bisnis.

Selain itu, seperti halnya ada panduan harga khusus, kriteria kunci untuk menilai (merek, model, umur, kondisi dan jarak tempuh), dan majalah spesialis untuk menjual mobil, mungkin ada ‘pendekatan standar’ yang serupa yang khusus untuk bisnis Anda seperti :

– rute tradisional untuk dijual – seperti agen spesialis yang berurusan dengan tempat berlisensi, agen tanah pertanian atau broker yang berspesialisasi dalam praktik profesional,

– informasi standar yang diperlukan tentang pembeli mana yang mengambil keputusan atau bisnis mana di industri Anda yang dinilai – seperti pemborosan untuk pub, atau

– ketentuan penjualan tradisional – seperti SAV (‘nilai persediaan’) untuk pub.

Jadi Bagaimana Masalah Ini Mempengaruhi Penjualan Bisnis Anda?

Tingkat kompleksitas yang terlibat dalam proses penjualan dan masalah yang timbul darinya akan bervariasi tergantung pada ukuran dan kompleksitas bisnis dan sifat penjualan.

– Suami dan istri kecil atau bisnis gaya hidup seperti pub, toko kecil atau wisma biasanya menjual kepada orang lain. Untuk mencapai ini, mereka mungkin beriklan untuk diri mereka sendiri di bagian iklan kecil dari pers bisnis yang relevan, atau melibatkan agen real estat. Mereka biasanya berharap untuk mencapai penyerahan yang relatif cepat meskipun suatu kesepakatan mungkin melibatkan beberapa bentuk pembiayaan vendor (di mana bagian dari pembayaran ditangguhkan dari waktu ke waktu), dan periode singkat pelatihan ‘on the job’ dalam menjalankan bisnis.

Leave a Comment