Inilah Alasan Mengapa Sel Hewan Lentur Dan Bergerak Bebas

Sel hewan dan tumbuhan keduanya merupakan sel eukariotik. Pada hewan jaringan yang tersusun dari sel eukariotik ini punya bentuk yang bervariasi. Sel eukariotik ini juga sejeni dengan sel yang membentuk jaringan pada manusia. Namun sel eukariotik pada hewan ini tentu saja berbeda dengan yang ada di tumbuhan.

sel hewan
sel hewan

Sebab sel yang ada di tumbuhan punya dinding sel dan juga kloroplas, serta ukuran vakuolanya juga lebih kecil dan bahkan tidak ada. Anda harus tahu, bahwa dinding sel pada tumbuhan berperan menghalangi atau mencegah proses perkembangan sel, jadi sel lebih kaku. Ini juga yang menyebabkan tanaman tidak bisa bergerak.

Sedangkan pada hewan, tidak punya dinding sel namun punya sel yang fungsinya sendiri berbeda dengan dinding sel yang dimiliki oleh tanaman yakni adanya membran sel. Jika dinding sel pada tumbuhan membuat tanaman tidak bisa bergerak, membran sel pada hewan ini bisa membuat jaringan pada hewan jadi lembek dan memungkinkan hewan untuk bergerak bebas.

Mengenai Membran Sel

Dengan adanya membran sel, hewan bisa bergerak bebas. Sedangkan membran sel sendiri merupakan lapisan tipis yang ada di bagian paling luar dari sel hewan dan bertugas untuk membatasi isi sel dan sekitarnya. Lapisan sel ini mempunyai tingkat ketebalan sekitar 7,5 sampai 10 nanometer.

Membran sel ini terbentuk dari protein dan juga molekul lipid. Sebagian besar dari molekul yang ada tersebut mengandung karbohidrat. Membran sel ini punya peran penting yaitu untuk mengatur nutrisi dan juga mineral yang ada pada dalam atau juga luar sel.

Membran sel ini juga punya fungsi untuk melindungi dan juga mengatur proses keluar masuknya ion dan juga molekul pada sel hewan dengan menggunakan beberapa metode. Misalnya saja difusi yakni pergerakan molekul dengan konsentrasi tinggi ke yang lebih rendah atau dengan transport aktif dimana pergerakannya memerlukan bantuan energi.

Selain itu membran sel juga sebagai selektor dimana punya kemampuan menyeleksi beragam jenis molekul, ion, dan juga senyawa lain yang lewat membran sel. Peran membran sel yang lainnya yakni membantu sintesis untuk berbagai macam zat yang ada di dalam tubuh hewan. Serta membran sel berfungsi sebagai pembatas.

Membran Sel Membuat Jaringan Hewan Lembut dan Lentur

Membran sel sendiri sifatnya dinamis, sebab struktur dari membran sel ini sama seperti air yang memungkinkan protein serta molekul lipid bisa bergerak. Sedangkan sifat asimetris pada membran sel ini ada karena beda komposisi antara protein dan lipid bagian luar dengan bagian dalam sel.

Membran sel pada tumbuhan ada pada bagian dinding sel. Pada hewan membran sel untuk membungkus plasma sel. Sedangkan pada tumbuhan mempunyai dinding sel yang menghalangi perkembangan dari sel. Jadi sel tumbuhan lebih kaku daripada sel hewan yang sangat lentur dan lembut.

Karena seperti yang sudah anda tahu, dinding sel yang dimiliki tumbukan membuat tanaman menjadi kaku dan tidak bisa bergerak ini berbeda dengan membran sel yang dimiliki oleh hewan. Membran sel ini justru membuat hewan bisa bergerak bebas karena jaringan pada tubuh hewan jadi lembek.

Hal ini membuat jaringan pada hewan jadi lembut dan lentur. Sehingga bisa membuat hewan bergerak dengan bebas. Membran sel dan dinding sel inilah yang memberikan perbedaan antara sel tumbuhan dan hewan. Jadi alasan mengapa hewan bisa bergerak bebas ialah adanya membran sel pada sel hewan .

Leave a Comment