Cara Mengatasi Error #N/A saat Menggunakan Rumus Vlookup

Saat menggunakan rumus Vlookup, kadang kala mendapatkan Eror #N/A. Cara mengatasinya bisa memakai rumus khusus. Saat menggunakan rumus vlookup di Microsoft Excel tak jarang kita menemui Error #N/A. Hal itu bisa terjadi jika data range_lookup di isi dengan False dan data referensi dari Lookup_value tidak ditemukan maka hasil pencarian akan menampilkan error #N/A. Dalam pembahasan kali ini kami akan mencoba untuk memberikan solusi cara mengatasi error tersebut.

 Cara Mengatasi Error NA saat Menggunakan Rumus Vlookup
Cara Mengatasi Error NA saat Menggunakan Rumus Vlookup

Agar lebih mudah dipahami disini kami akan memberikan contoh tabel vlookup. Supaya nantinya pembaca bisa memahami tutorial mengatasi error #N/A. Untuk kolom Nomor (No) penggunaan vlookup dimasukkan angka 7. Sehingga hasilnya dalam kolom Nama dan kolom Alamat adalah #N/A. Itu karena angka yang dimaksud tidak ditemukan pada kolom pertama dalam tabel referensi. Sehingga agar tidak muncul error tersebut perlu dilakukan modifikasi sedikit pada rumusnya dengan menggunakan rumus khusus.

Beberapa rumus khusus yang digunakan untuk menangani error seperti ini yaitu IFNA, IFERROR dan ISERROR. Sehingga nantinya jika data tidak ada atau tidak ditemukan maka yang tampil bukan nilai Eror, melainkan dibuat kosong saja atau diisi dengan teks misalnya “data tak ditemukan” atau lainnya sesuai kebutuhan. Mari kita bahas satu persatu rumus khusus tersebut.

Menghilangkan Eror #N/A Rumus Vlookup dengan IFNA

Rumus khusus untuk menghilangkan error #N/A menggunakan IFNA disediakan untuk Microsoft Excel versi 2013. Tumus ini memang baru diperkenalkan ketika diluncurkannya Excel versi 2013. Untuk menggunakan rumus dengan format sebagai berikut:

=IFNA(value; value_if_na)

Keterangan:

  • Value: argumen yang akan diperiksa apakah terdapat kesalahan #N/A atau tidak. Dari sinilah kita bisa memasukkan fungsi Vlookup.
  • value_if_na: sebagai nilai yang akan ditampilkan apabila value-nya menghasilkan eror #N/A. Ketika di isi kosong (” “), maka apabila terdapat eror #N/A nanti hasilnya yang ditampilkan adalah kosong. Sehingga ketika diisi teks seperti “data tidak ditemukan” maka hasilnya muncul teks data tidak ditemukan.

Dalam penerapan fungsi Vlookup maka caranya adalah sebagai:

Sebagai contoh rumus sel C14 adalah =VLOOKUP(C13;B5:D9;2;FALSE). Sehingga jika ditambah fungsi penanganan atau fungsi khusus error #N/A yaitu IFNA, maka akan menjadi seperti berikut:

=IFNA(VLOOKUP(C13;B5:D9;2;FALSE);””)

Coba perhatikan bahwa hasilnya apabila data tidak ada atau tidak ditemukan maka cell C14 tidak akan menampilkan apa-apa atau kosong, bukan lagi ditulis #N/A

Menghilangkan Error #N/A dengan IFERROR

Untuk rumus menghilangkan error #N/A pada Microsoft Excel 2007/2010 maka tidak bisa menggunakan fungsi yang sebelumnya. Sebagai alternatifnya Anda bisa menggunakan fungsi khusus dari IFERROR.  Fungsi ini memang digunakan untuk menangani setiap masalah rumus error yang ada di Microsoft Excel. Penulisan rumusnya pun tidak jauh berbeda dengan IFNA yaitu: =IFERROR(value; value_if_error). Berikut penerapannya:

Sebagai contohnya rumus cell C14 adalah =VLOOKUP(C13;B5:D9;2;FALSE)

Apabila ditambah fungsi penanganan error #N/A maka: =IFERROR(VLOOKUP(C13;B5:D9;2;FALSE);””)

Maka apabila data tidak ada atau tidak ditemukan, cell C14 tidak menampilkan data apa-apa atau kosong.

Menghilangkan Error #N/A dengan ISERROR

Cara menghilangkan error #N/A dengan ISERROR, bisa digunakan pada Microsoft Excel 2003. Langsung saja bentuk penulisannya seperti ini:

=ISERROR(value)

Pada bagian value anda akan memasukkan rumus Vlookup-nya dan fungsi ISEROR akan mengecek value tersebut dan akan menampilkan TRUE apabila hasilnya #N/A ketika ada eror, dan jika tidak maka menampilkan FALSE.

Misal rumus cell C14 adalah

=VLOOKUP(C13;B5:D9;2;FALSE)

Ketika ditambah fungsi penanganan error #N/A menjadi:

=IF(ISERROR(VLOOKUP(C13;B5:D9;2;FALSE));””;

VLOOKUP(C13;B5:D9;2;FALSE))

Hasilnya apabila data tidak ditemukan maka cell C14 tidak menampilkan apa-apa atau kosong.

Nah demikian itulah tiga cara untuk mengatasi eror #N/A cara menggunakan vlookup pada Excel. Anda bisa menggunakan salah satu cara diatas sesuai dengan Microsoft Excel yang digunakan. Semoga informasi cara mengatasi hasil rumus Vlookup yang error menggunakan rumus khusus di atas bermanfaat bagi pembaca.

 

Summary
Cara Mengatasi Error #N/A saat Menggunakan Rumus Vlookup
Article Name
Cara Mengatasi Error #N/A saat Menggunakan Rumus Vlookup
Description
Saat menggunakan rumus Vlookup, kadang kala mendapatkan Eror #N/A. Cara mengatasinya bisa memakai rumus khusus.

Leave a Comment