Cara Membuat Bawang Hitam dengan Oven Paling Praktis

Meskipun sudah banyak tutorial yang membahas tentang cara membuat bawang hitam dengan oven, namun ternyata tidak semuanya bisa mempraktikannya dengan benar. Padahal jika Anda mengonsumsi bawang hitam secara rutin, akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Bahkan dengan pemakaian rutin ternyata bawang juga bisa digunakan untuk diet.

Sehingga black garlic sering dikatakan sebagai herbal yang aman dan multifungsi. Meskipun masih ada beberapa orang yang masih menganggapnya sebagai obat yang aneh karena jarang diekspos. Karena proses pembuatannya ini bukan dari hasil alami, namun dari pengawetan dan fermentasi yang dilakukan sampai 80 hari, agar kandungannya bisa maksimal serta berkualitas.

Tidak hanya itu saja, dalam praktiknya bawang hitam ini harus disimpan ke dalam suhu 60 hingga 80 derajat Celcius dan kelembabannya tidak melebihi dari 90%. Selanjutnya, setelah suhunya ditentukan, bawang hitam masih harus disimpan hingga 40 hari. Lalu, apa sih manfaat dan kandungannya? Mengingat proses pembuatannya sangat lama.

Kandungan dan Manfaat Bawang Hitam

Sebelum membahas tentang bagaimana cara membuat bawang hitam dengan oven yang benar, saatnya untuk mempelajari kandungannya dulu. Dimana kandungan black garlic ini umumnya berasal dari perubahan alisin dari bawang putih menjadi banyak zat karena reaksi Mailard. Setidaknya ada 26 kandungan yang tersimpan ke dalam bawang hitam ini, yaitu:

Piruvat, Amadori, Organosulfur, Polifenol, Hidroksimetilfurfural, Fenilalanin, Flavonoid, Isoleusin, Leusin, Tirosin, Fruktan, Sistein, Selenium, Nitrogen Oksida, Arginine, Linoleoil Gliserol, Fruktosil Glutamate, Minyak Atsiri,  Dially Sulfide, Kalsium, Saltivine, Lemak Tak Jenuh, Zat Besi, Vitamin C, B1, Dan A. Karena senyawa antioksidan didalamnya banyak, sehingga black garlic memiliki beberapa manfaat di bawah ini:

Bawang hitam bisa membuat jantung lebih sehat, mencegah sekaligus mengatasi penyakit kanker, tekanan darah tinggi, peradangan, alergi, membuat sel otak terlindung, sebagai sumber antioksidan terbaik, terhindar dari obesitas, metabolism tubuh meningkat. Selain itu, bawang hitam juga bisa mengatasi gula darah, infeksi, sakit gigi, menjaga kecantikan kulit, dan masih banyak lagi.

Bahkan kabarnya black garlic juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat, komedo, dan masalah kulit yang lain. Namun yang pasti, ada banyak metode yang bisa dipakai untuk membuat bawang hitam. Salah satunya memakai oven, bisa juga dengan menggunakan Teflon, magic jar, dll.

Cara Membuat Bawang Hitam dengan Oven

Ada banyak cara untuk membuat bawang hitam. Salah satunya bisa menggunakan oven sebagai alat untuk memasaknya. Untuk membuat black garlic dari oven, Anda bisa menyiapkan bahan dan peralatannya terlebih dahulu. Diantaranya yaitu, siapkan mangkuk stainless, bawang putih, kertas alumunium, dan oven. Selanjutnya lakukan beberapa hal berikut ini untuk membuat black garlic:

  1. Supaya bisa membuat bawang hitam seperti yang dijual oleh tempat jual bawang hitam pada umumnya, masukkan dulu bawang putih ke dalam mangkuk stainless. Setelah itu, tutup memakai alumunium foil dan panggang ke dalam oven. Anda bisa memanggangnya dalam suhu 30 derajat celcius dalam waktu 40 hari.
  2. Semakin lama dipanggang, hasilnya akan semakin bagus. Namun maksimal boleh dipanggang selama 80 hari. Selain itu, Anda harus mengeceknya setiap hari agar aman. Karena pembuatan bawang hitam dari oven berbeda dari cara tradisional. Jadi harus lebih sering dilihat dan dicek setiap hari. Barulah setelah terlihat matang, Anda bisa mengangkatnya.

Nah itu tadi adalah cara membuat black garlic dari oven. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri, silahkan hubungi nomor WhatsApp kami di +62 821-3536-4440. Anda bisa langsung melakukan pemesanan di tempat kami Arana Black Garlic dengan menghubungi nomor yang tertera tanpa harus mencoba cara membuat bawang hitam dengan oven di atas.

Leave a Comment