Kinemaster Pro, salah satu aplikasi yang berhubungan dengan video, mungkin sudah sering Anda dengar atau bahkan mungkin Anda gunakan. Sebagai seorang blogger, video dan foto menjadi hal penting yang harus ada untuk memperindah sebuah konten artikel. Keduanya selalu berdampingan dan tak dapat dipisahkan. 

Banyak orang yang menganggap jika kualitas video dipengaruhi oleh alat yang digunakan untuk merekamnya, padahal video yang bagus juga dapat dihasilkan dari smartphone. Lebih-lebih jika smartphone tersebut mempunyai kamera dengan resolusi tinggi, sehingga kualitas video yang dihasilkan menjadi lebih bagus. Setelah melakukan perekaman video, video ini tidak bisa begitu saja langsung diunggah ke media sosial. 

Video yang sudah diambil harus diedit terlebih dahulu sehingga terkesan lebih rapi. Dari berbagai macam aplikasi edit video, Kinemaster Pro merupakan salah satu aplikasi edit video yang sering digunakan. Tentu saja, berbagai fitur yang dimilikinya membuat aplikasi ini seperti selalu ada di dalam ponsel blogger, vlogger dan profesi lain yang sejenis. 

Manfaat Utama Penggunaan Kinemaster

Kinemaster merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit video yang di dukung oleh Android dan iOS. Aplikasi unggulan ini lengkap dengan berbagai fitur menarik dan alat yang digunakan untuk memotong audio, menambahkan teks, video, gambar dan efek dengan tepat. 

Dengan menggunakan Kinemaster Pro, kita bisa membuat video menjadi semakin menarik dan profesional. Contohnya saat beberapa menit tertentu kita menggunakan transisi. Transisi tersebut tidak bisa dilakukan jika hanya sekedar memotong-motong video kemudian menggabungkannya. Transisi harus dilakukan dengan lebih halus, seperti menambahkan slide transisi.

Contoh lainnya, saat kita ingin menambahkan tulisan ke video agar audiens menjadi lebih paham apa isi yang berada di dalam video tersebut. Tak jarang video yang kita buat memiliki audio yang kurang jelas, sehingga dibutuhkan tulisan-tulisan agar audiens tetap mengerti maksud yang ingin kita sampaikan. 

Fitur Tersembunyi Kinemaster

Tanpa kita sadari, sebenarnya ada berbagai macam fitur tersembunyi yang dimiliki oleh aplikasi ini seperti klip grafis. Di dalam klip grafis terdapat menu keren yang dapat membuat judul menjadi semakin menarik. Lima pilihannya adalah more tittle effect, basic tittle effect, powerfull, travel and activity, sentimental. Anda bisa memilih effect judul sesuai dengan keinginan. 

Kedua ada layer. Di dalam aplikasi Kinemaster Pro, terdapat menu yang dijadikan sebagai menu andalan saat mengedit video. Menu ini seperti efek, media, hamparan teks serta tulisan tangan. Dengan menggunakan fitur layer ini, Anda dapat menambahkan tulisan untuk deskripsi atau pun watermark yang diatur agar terlihat tembus pandang. 

Ketiga, efek transisi. Efek ini digunakan agar perpindahan antar klip menjadi lebih dinamis. Menu efek transisi ada begitu banyak seperti classic transisi, 3D hingga fade through. Kebanyakan orang lebih sering menggunakan efek classic transisi, karena editan menjadi terlihat simpel namun tetap berkualitas. 

Keempat, pengaturan volume. Ketika Anda merekam video dan suaranya tidak terdengar, Anda dapat mengakalinya dengan menambahkan volume di klip tertentu. Cara nya dengan melakukan klik di klip dan memilih menu speaker. Usahakan membuat volume antara satu scene dengan scene lain sama, sehingga audiens akan lebih enak saat mendengarkannya. 

Ketika pertama kali menggunakan, pasti akan sedikit ‘kagok’. Berbagai fitur ini memang tidak bisa dipisahkan dari editan yang dilakukan, tentu saja karena fitur ini dapat membantu saat mengedit video menjadi semakin cantik, terlihat jelas dan menarik. Semoga artikel fitur Kinemaster Pro di atas bermanfaat bagi Anda. 

Leave a Comment